Pendaftaran KIP Kuliah 2021 Telah Dibuka

Posted by: Yanuar

PuslapdikHai, para pelajar kelas 3 SMA yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, ada kabar penting, Kartu Indonesia Pintar (KIP) KULIAH 2021 segera dibuka, buruan mendaftar!!!!!!

KIP Kuliah yang sebelumnya bernama Bidikmisi merupakan salah satu bentuk bantuan pendidikan yang akan diberikan pemerintah kepada lulusan SMA, SMK atau sederajat dari keluarga kurang mampu agar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Awal tahun 2021 lalu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim, mengatakan, KIP kuliah menjadi salah satu prioritas di tahun 2021 dengan target  1,095 juta mahasiswa yang akan memeroleh KIP Kuliah.

Mahasiswa yang memeroleh KIP Kuliah akan dibebaskan dari biaya pendidikan serta memeroleh subsidi biaya hidup sebesar Rp700.000 / bulan  atau disesuaikan dengan pertimbangan biaya hidup di masing masing wilayah.

Penerima KIP-Kuliah adalah siswa SMA atau sederajat yang akan lulus pada tahun 2021 ini atau paling lama 2 tahun lalu,atau lulusan tahun 2019. Ia memiliki potensi akademik yang baik tetapi berasal dari keluarga yang memiliki keterbatasan ekonomi.

Baca juga :

Namun, agar dapat memperoleh KIP Kuliah,ia harus lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), baik melalui jalur SBMPTN, SNMPTN, atau jalur lainnya. Tak hanya di PTN, bisa juga untuk pendaftara ke politeknik negeri melalui jalur SNMPN atau SBMPN, bahkan di PTS pada Program studi dengan Akreditasi A atau B. Namun dimungkinkan juga dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi di bawahnya.

Tahun 2021 ini, pendaftaran KIP Kuliah mulai dibuka tanggal 8 Februari 2021  dan ditutup pada 31 Oktober 2021. Bagi yang berminat untuk memeroleh KIP Kuliah, silakan kunjungi kip-kuliah.kemdikbud.go.id/. Yanuar Jatnika

 

 

 

 

 

 

 

 

X